Rabu, 17 September 2014

Tentang Jurusanku



Ilmu dan Teknologi Pangan adalah ilmu yang mempelajari teknologi penerapan bahan pangan setelah panen guna memperoleh manfaatnya semaksimal mungkin dan sekaligus dapat meningkatkan nilai tambah dari pangan tersebut. tidak semua universitas ada jurusan ilmu dan teknologi pangan, hanya ada beberapa Universitas yang memiliki jurusan ini seperti: IPB,UGM,UB,UMM. Pada lain Universitas maka jurusan ini juga ditempatkan pada Fakultas yang berbeda. Seperti pada UGM dan UB jurusan ini dimasukkan dalam Fakultas teknik pertanian, pada IPB jurusan ini masuk dalam Fakultas dan pada UMM jurusan ini masuk pada Fakultas Pertanian-peternakan. Pada UMM jurusan ini dijadikan satu dengan pertanian dan oeternakan karena Ilmu dan Teknologi Pangan adalah ilmu yang prospeknya kedepan adalah bagaiamana membuat subuah olahan pangan menggunakan teknologi yang bahannya berasal dari hasil panen, hasil panen tesebut bisa saja berasal dari hasil pertanian, peternakan dan perikana.
Dalam bahasa kasarnya jurusan ini sebagai hilir dan jurusan pertanian,peternakan serta perikanan sebagai hulu, mengapa disebut demikian ? petanian peternakan dan peikanan adalah jurusan yang bertindak sebagai penghasil bahan – bahan dasar yang akan digunakan oleh jurusan Ilmu dan Teknologi Pangan untuk mengolah suatu makanan yang memiliki nilai jual lebih dan memiliki mutu serta gizi yang lebih. Mata kuliah yang diajarkan adalah rekayasa proes pangan, mikrobiologi dan keamanan pangan, pangan dan gizi,Manajemen Industri Pangan, pengemasan pangan, pengeringan dan pendinginan, teknologi the ; kopi dan coklat, teknologi minyak atsiri; rempah; dan obat, teknologi fermentasi, Bioteknologi pangan, mikrobiologi pangan dan enzimonologi, Manajemen pangan aman da halal
Lulusan jurusan ini memiliki prospek kerja yang sangat bagus dan memiliki peluang kerja yang sangat tinggi. Pada lulusan jurusan ini bisa bekerja di sebuah pabrik menempati posisi pengecek produk pangan yang sah diolah, bisa juga menempati posisi sebagai pengembang sebuah produk yang artinya adalah penggagas ide – ide untuk membuat suatu produk pangan yang lebih bermutu dari pada produk pangan sebelumnya atau bersaing tinggi. Tidak hanya itu saja di jurusan ini juga bisa untuk bekerja sebagai pegawai BPOM sebagai pengecek makanan dan bisa juga sebagai wirausaha yang mengembangkan suatu produk bersaing tinggi dan masih banyak lagi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar